Cara memilih keyword atau kata kunci
memang sudah banyak kita temui di berbagi artikel web atau blog. Dalam
dunia blogging kita harus memahami tentang betapa pentingnya untuk
memasukkan kata kunci atau keyword di posting agar posisi posting berada
di posisi yang bagus di halaman hasil pencarian sehingga kita akan
memperoleh kunjungan. Tapi bagaimana cara menentukan keyword atau kunci dengan baik ?
Selain backlink, analisis kata kunci atau keyword
adalah hal penting untuk membantu kita mengidentifikasi kata-kata kunci
atau frase yang paling cocok untuk mempromosikan website atau blog kita
di mesin pencari atau search engine. Untuk posting kali ini, saya belum
membicarakan tentang keyword mahal yang sering dibidik oleh para
pebisnis adsense. Biasanya banyak alat yang disediakan oleh beberapa
situs untuk menganalisis kata kunci atau keyword yang banyak dicari oleh
pengunjung. Selain itu juga disertai beberapa hal sebagai berikut:
- Tingkat kompetisi untuk kata kunci
- Daftar kombinasi kata kunci
- Perbandingan volume pencarian untuk beberapa kata kunci
Jika kawan – kawan blogger ingin tahu
bagaimana cara memilih keyword yang baik, kita dapat mengunakan
alat-alat berikut untuk analisis kata kunci:
Google Insight / Wawasan : memberikan informasi tentang volume pencarian dari satu atau beberapa kata kunci dalam waktu dan lokasi.
Alat
analisis keyword ini sangat berguna untuk membandingkan kata yang
berbeda atau frase. Google Insigt atau google wawasan memberikan
kombinasi kata kunci yang terkait dengan pencarian.Selain itu juga
memberikan berita yang terkait dengan kata kunci / keyword.
Google Adwords:
selain memberi kita informasi tentang volume pencarian satu atau lebih
frase keyword, alat ini menyediakan tingkat persaingan pengiklan, data
yang sangat menarik, apalagi kita juga seorang blogger yang punya bisnis
google adsense.
WordTracker:
alat analisis kata kunci lain yang memberikan informasi tentang volume
pencarian kata kunci dan menyarankan kombinasi lain dari keyword yang
terkait dengan yang diperkenalkan. Alat ini dapat digunakan untuk
membandingkan data dengan yang diperoleh sebelumnya. Tapi alat yang ini,
cocok untuk menentukan keyword berbahasa Inggris
Google Trends:
dengan alat ini, kita akan mengetahui keyword yang sedang trend atau
banyak dicari dalam jangka waktu tertentu. Misalnya di posting kemarin
saya sengaja membuat posting dengan tema gerhana bulan, berdasarkan
google trend, keyword ini memang lagi populer. Dan akhirnya saya pun
mendapatkan kunjungan 5000 lebih menuju posting tersebut.
Selain cara di atas, saya sendiri yang sedang belajar seo , sering melakukan research keyword dengan mudah menggunakan cara manual seperti pada gambar di bawah ini :
Jika
kamu mengetikan kata "cara", maka akan muncul beberapa kalimat yang
diberikan oleh google. Jadi jika kamu ingin memilih judul , maka
alangkah lebih baiknya judul posting tersebut mengandung kata kunci atau
keyword tersebut. Saya menganggap kalimat yang diberikan google
tersebut adalah keyword yang banyak dicari oleh pengguna. Selain cara di
atas, masih banyak lagi cara memilih kata kunci yang lebih baik dan mudah. Jika kawan - kawan ada tips yang lebih bagus, mari saling berbagi. Salam Blogger. (Jkt/2012)
Sumber: Carapada
Posting Komentar